Saturday, January 06, 2007

Are U Happy?

SMS Jamal:
Bahagia? Do we really need it, or just want it? So, are you happy?
Hmm, sebenarnya pertanyaannya simpel. Do I feel happy? Tapi ternyata jawabannya tidak sesimpel pertanyaannya. Saya sudah mulai menyiapkan sederet jawaban yang bisa memberi jawaban pas untuk pertanyaan itu. Namun, pada akhirnya saya juga mempertanyakan diri sendiri.. sebenernya saya bahagia ga sih? Dan tau ga, saya jadi bingung mesti jawab gimana. Dulu saya sempat berpikir, saya bahagia kalau: kumpul sekeluarga, punya pacar yang memang ditakdirkan jadi suami saya, tidak merasa dirong-rong bayaran kontrakan tiap bulan, punya rumah sendiri, bla..bla.. Kok bahagia ada saratnya ya? Kalau seandainya keluarga saya berkumpul, sudah bertemu dengan pacar idaman, tidak pusing bayar kontrakan dan punya rumah sendiri.. apa iya saya akan bahagia? I don't think so.. Jadi, saya setuju dengan jawaban Ocid kalau bahagia adalah merasa nyaman dan bersyukur. Yup! Merasa nyaman dengan diri kita, dengan keadaan sekitar, dengan semua yang terjadi dalam hidup kita dan bersyukur atas semua kasih sayang-Nya pada kita. Kayaknya, sekarang kalo Jamal nanya lagi dengan pertanyaan yang sama. Saya akan jawab: bahagia adalah merasa nyaman dan bersyukur. We need and want it, and yes..I'm happy. And I'm trying to be happy all the time :)
Ini jawaban dari teman-teman ketika saya tanyakan: Menurut lo bahagia gimana sih? Apa lo bahagia?
Ape:
Kalo semua kebutuhan jasmani dan rohani kita terpenuhi kita pasti bahagia, masalahnya Qur'an bilang manusia tidak akan pernah puas hingga dicabut darinya berkah nafsu/ keinginan. Gw pikir sih gw udah cukup bahagia untuk sekedar tau kondisi ini semua.
Sun-Tea:
Enggak.
Ocid:
Perasaan nyaman terhadap semua yang kupunya dan bersyukur atas itu. Iya.
Nisa:
Bahagia ketika gw merasa nyaman terutama di hati dengan keadaan kita. Jujur, gw belum merasa bahagia tapi gw menerima apa yang ada di hidup gw dengan senang.
Zaq:
Mungkin lagi bahagia. Ga tau. Ga penting. Definisi bahagia? standarlah, klise. Bahagia itu ketika ga mengharapkan kebahagiaan.
Annie:
Bahagia means senang, nyaman, puas, ngga merasa susah, atau bisa juga diartiin suasana senang lahir batin. Yup, bahagia dengan keadaan gw sekarang, bersyukur masih diberi kehidupan & orang-orang yang menemani, keluarga yang harmonis, cowok yang setia-walaupun jauh tapi setiap gw liat fotonya ada suatu kebahagiaan tersendiri, duileh..

No comments: