Saturday, January 06, 2007

ViRus NyeBeLiN...!!!!

Tuhanku... apakah memang sedemikian beratnya ujian membuat skripsi?
Kemarin, saya deg-degan waktu ga ada file "skripsi" di flash disk. Saya selalu menyimpan disana, ada sih back up nya di komputer rumah tapi ga yakin deh se-update yang ada di flash disk. So, dengan harap-harap cemas berdoa semoga file di rumah sudah ter-update. Ternyata, harapan yang sia-sia...
Jadilah, semalaman begadang menyalin ulang sebagian yang tidak ada dari hard copy yang sudah diperiksa dosen dengan tambahan revisi sana sini. Sekalian menyelesaikan bab 4 & 5. Ampun, mata rasanya pedih.. ngantuk!! Biasalah, saya tuh mudah sekali tertidur. Jadi sempat juga beberapa kali ketiduran. Jam 5 subuh, udah kelar semua kecuali bab 5 (kesimpulan & saran). Saya tinggal sholat, sarapan dan baca koran.
Jam 6 pagi, saya mau liat hasil kerjaan saya ketika saya lihat ada file temp. yang saya ga ngerti datangnya darimana. Saya tanya kakak, katanya hapus aja. Tanpa pikir dua kali, langsung di delete. Lalu saya buka file "skripsi" di flash disk. And half of it gone, ga tau gimana caranya. Duh, panik dong.. secara udah ngerjain semalaman. Kakak pun membantu saya mencari file yang hilang.
Sepuluh menit pertama: tenang.. pasti masih ada
setengah jam kemudian: panik dan nangis, hiks.. saya lari ke kamar dan menangis. Mama yang ngeliat jadi ikutan panik. Sedih banget, segala yang udah dilakuin sia-sia. Akhirnya saya mandi-baca koran-bolak balik liat komputer-baca koran. Tetep aja ga ada perubahan. Duh, kalo lagi begini rasanya sebel banget karena ga ngerti harus ngapain. Rasanya kayak orang bodoj aja!! Sumpah, udah hopeless deh. Udah males. Tapi ternyata kakak saya memberikan secercah harapan. Filenya ketemu, tapi terpisah dalam beberapa file (kok bisa ya?)
Ternyata, jawaban semua permasalahan saya: Virus!!! Nyebelin banget deh..
Akhirnya, lagi dan lagi... ngetik ulang!! Udah di save di beberapa tempat. Lalu saya tutup filenya. Pas mau di cek lagi, again.. its gone. Half of it gone!! Oh GOD... Dari beberapa file, ada satu file yang ga hilang. Masih lengkap kerjaan saya 60 halaman. Langsung dirubah nama filenya, di save di beberapa tempat dan langsung ke rental untuk di print. Tapi ternyata, masih ada aja cobaannya. di komputer selain komputer di rumah, file skripsi saya terbaca sebagai virus.
Saya udah ga niat kuliah, at least untuk hari ini ga pengen. Jadi, setelah saya dan kakak beli isi tinta buat printer di rumah, saya langsung ke kantor. Pelajaran hari ini: harus rutin format flash disk supaya tidak terkontaminasi virus. Belajar komputer!! Setidaknya, kalau ada trouble seperti ini saya bisa menyelesaikan sendiri...

No comments: