Friday, August 17, 2007

HaRi KeMerDeKaaN

Yang langsung terekam dalam memori saya tentang hari kemerdekaan adalah upacara, pawai dan lomba. Tidak lupa lagu-lagu kebangsaan yang dikumandangkan selama pawai atau diputar saat lomba sedang digelar. Pengalaman upacara bendera Agustusan selama bertahun-tahun tidak ada yang berkesan. Saya lebih terkenang dengan pawai dan lomba nya.
Semasa kecil (terakhir saya mengikuti pawai saat kelas 1 SMU), setiap Agustusan saya selalu sibuk dengan segudang rencana akan mengenakan baju apa untuk pawai nanti. Saya paling ingat di suatu hari, mama mendandani kami (saya & 2 teman sebaya di rumah Gading Raya). Entah kenapa mama mendandani saya paling terakhir. Selama mama sibuk saya main bersama ayam pitik piaraan saya sambil berharap saya bisa cepat mendapat giliran didandani. Ketika akhirnya giliran saya, waktu sudah mepet. Mama panik, saya lebih panik. Maklum, saat itu saya masih kecil (kalau ingatan tidak salah, masih umur 10 tahun) dan saya tidak mau ketinggalan pawai. Rumah kami sempit, di dalamnya terdapat banyak orang dan barang. Hilir mudik orang makin menambah keruwetan. Dan terjadilah kecelakaan, ayam pitik saya keinjak dan mati. Ya, mati. Dan saya sedih sekali. Entah kenapa, momen hari itu sulit untuk saya lupakan... Tapi, yah, akhirnya saya dan 2 teman saya bisa ikut pawai walau sedikit terlambat.
Kalau lomba, sepertinya lomba makan kerupuk, balap karung, masukin paku ke botol, dandanin cowok dengan mata tertutup dan lomba lain yang pernah saya ikuti, rasanya saya tidak pernah menjadi pemenang pertama. Tapi lain cerita dengan lomba olah raga. Di tempat saya tinggal sekarang, 2 tahun lalu saya sempat mengikuti lomba bulu tangkis ganda putri. Awalnya kami selalu ditertawakan. Permainan kami biasa, lebih banyak ngocehnya malah. Tapi ternyata kami malah menang menjadi juara pertama dan dapat hadiah gelas 1/2 lusin. Lucu juga..
Kalau tahun ini, mungkin bukan sekedar upacara, pawai atau lomba. Tapi saya lebih ingin mengingat jasa para pahlawan dan menghormati pengorbanan mereka dengan memberikan kontribusi yang positif bagi Indonesia...

No comments: