Wednesday, July 18, 2007

DuKuNGaN Kami UnTukMu NeGaRa..

Sungguh pemandangan yang langka ketika saya melihat sekitar 120.000an lautan manusia memenuhi stadion Gelora Bung Karno Senayan yang sudah berdiri sejak 42 tahun lalu itu. Di dalam stadion, sulit untuk bergerak saking penuhnya. Di areal sekitar stadion, banyak para pendukung tim Indonesia yang berusaha masuk dan melihat secara langsung tim kebanggaan negara berlaga. Tak pernah terbayangkan bahwa segala macam lapisan masyarakat begitu antusias mendukung sepakbola Indonesia dalam event piala Asia 2007.
Segala macam atribut seperti kaos, topi dan syal berwarna merah putih seragam dipakai penonton. Yel yel, lagu kebangsaan serta bunyi alat musik turut mendukung tim Indonesia melawan Korea Selatan. Serempak dan kompak semua memberi dukungan dan menyanyikan lagu-lagu penyemangat. Jujur, sekujur tubuh saya jadi merinding ketika mendengar lagu kebangsaan dinyanyikan. Beginikah yang dinamakan rasa cinta negeri??
Sebagai salah satu dari sekian puluh ribu orang di sana, saya turut terbawa suasana. Saya geregetan ketika pemain Indonesia tidak berhasil memasukkan gol. Saya sebel juga ketika pemain Korea Selatan berhasil memasukkan gol di babak pertama. Dan saya juga turut kecewa ketika sampai menit-menit terakhir pemain Indonesia tidak ada yang bisa menyamakan hasil supaya bisa masuk ke babak selanjutnya.
Saya bukan penggila sepak bola. Tapi melihat para pemain Indonesia bermain cantik saya jadi ikutan bangga. Selama ini, sepak bola Indonesia boleh dibilang tidak ada geliatnya. Arab Saudi dan Korea Selatan yang keduanya menjadi lawan Indonesia dalam permainan terakhir bisa dibilang berpengalaman. Terutama karena mereka pun bermain dalam piala dunia, tidak seperti Indonesia. Tapi dari kesemuanya, patut diacungi jempol bahwa gawang kita tidak banyak kebobolan. Permainan kita tidak malu-maluin dan jadi lawan yang sulit dihadapi bagi mereka. Setidaknya, Indonesia kini boleh berharap kemungkinan kita main di piala dunia bisa terealisasi suatu saat nanti.
Kami, dan saya juga tentunya pasti akan selalu mendukung yang terbaik untuk negeri kita tercinta Indonesia. Kami akan berjuang dengan cara kami sendiri, jadi... jangan patah semangat!! Terus berlatih, terus berjuang dan buktikan di mata dunia bahwa Indonesia bisa bangkit dan maju menjadi nomer satu. HIDUP INDONESIA!!!

1 comment:

zaky muzakir said...

alhamdulilah ya, indonesia jadi enak diliat di lapangan ijo. tapi neng, ganti judulnya. jangan pake kata negara. pake bangsa aja.