Tuesday, November 11, 2008

Perubahan ke arah lebih baik, semoga...

Belakangan ini aku merasakan perubahan yang besar dalam hidupku. Perubahan-perubahan yang mengubah banyak hal dari diriku. Banyak yang mungkin bertanya kenapa bisa begitu. Tidak terkecuali keluarga dan sahabat, orang-orang terdekat dalam hidupku. Mereka mungkin heran, terkesima, kecewa, bahagia, biasa saja.. tidak bisa kutebak bagaimana jalan pikiran mereka. Namun yang pasti mereka tau ada yang berubah dari diriku.
Ketika kita semakin bertambah usia, kesadaran akan diri sendiri semakin memuncak. Aku yang awalnya tidak terlalu memperhatikan siapa aku menjadi lebih perduli pada AKU. Aku yang biasanya tidak terlalu suka menelaah diri sendiri menjadi berusaha mengenal siapa sebenarnya AKU. Dan ternyata, perubahan terasa menjadi solusi yang terbaik. Tanpa menghilangkan prinsip-prinsip hidup yang baik yang kupegang selama ini.
Tidak mudah untuk berubah. Apalagi merubah sesuatu yang terbiasa kita lakukan selama ini. Banyak goncangan terjadi, dan hal ini menimbulkan segudang pertanyaan. Benarkah yang aku lakukan? Sudah siapkah aku menjalani segala konsekuensi dari perubahan yang aku lakukan? Apakah memang ini yang terbaik untuk seorang AKU? dan keragu-raguan menjadi hal yang mematikan. Ketika hal ini terjadi, semua hanya bisa aku kembalikan pada Allah SWT. Hanya Dialah yang bisa memahami apa yang terjadi tanpa menilai sebelah mata. Dialah yang bisa menilai baik dan buruk dengan kacamata yang seimbang.
Aku hanya ingin menjadi orang yang lebih baik. Dalam segala hal kalau memungkinkan. Karena hidup hanya sekali, dan masa lalu tak bisa terulang lagi. Penyesalan hanya berakhir pada kesedihan. Namun pembelajaran yang mahal dari pengalaman perlu menjadi acuan bagi diri untuk menjadi lebih baik, semoga...

1 comment:

Nayla said...

Tentu sesuatu yang positif kalau perubahan yang lebih baik yang terjadi pada diri kita Yu...
Hanya saja, kadang kita ga bisa "mengukur" apakah itu memang "tepat" untuk diri kita. Karena itu, ukuran Allah-lah yang mesti kita pakai dalam mengukur perubahan itu... "ukuran" Allah yang mesti jadi patokan untuk kehidupan kita.

Keep istiqomah untuk perubahan yang baik itu ya Yu.. Semoga Allah senantiasa membimbing Ayu..